Selasa, 21 Juni 2011

Tips Perawatan Wajah Sendiri

Tips Perawatan Wajah Sendiri

Jika Anda mencoba suatu produk kosmetik dan Anda merasakan kulit wajah Anda gatal atau panas, kemungkinan besar Anda tidak cocok dengan produk tersebut. Jangan dianggap rasa panas atau gatal tersebut adalah sifat kerja sang produk. Sebaiknya hentikan segera pemakaian kosmetik tersebut.

Cara merawat wajah :
1.Cuci muka dengan menggunakan pembersih
2.Kemudian gunakan scrub
3.Jika mau, bisa dilakukan penguapan wajah
4.Pencet jerawat dan komedo
5.Lakukan pemijatan wajah
6.Pakai masker, sesuaikan dengan jenis kulit, dua minggu sekali, bergantian dengan 'peeling'
7.Bersihkan masker dengan 'toner'
8.Jika wajah Anda berjerawat banyak, gunakan obat anti jerawat
9.Untuk daerah kering, Anda bisa juga memberikan pelembab malam

Kosmetik yang digunakan untuk memuluskan wajah dengan pengelupasan kulit [terutama pemutihan] sebetulnya kurang bagus, karena kulit wajah kita jadi tipis dan elastisitas kulit menjadi berkurang. Mungkin di usia 30-40 tahun hal ini belum terasa, tapi begitu menginjak usia 50 tahun, akan terasa degenerasi kulit wajah ini.

Untuk membantu kehalusan kulit dan tubuh, bisa dibantu dengan pola makan dan hidup yang sehat. Seperti banyak makan buah dan sayur, banyak minum air, dan istirahat yang cukup.

Untuk pagi hari, sebelum berangkat kerja, ada baiknya meluangkan sedikit waktu untuk memoles wajah Anda secara sederhana.
1.Cuci wajah Anda dengan sabun wajah
2.Gunakan penyegar
3.Gunakan pelembab atau krim anti-keriput
4.Oleskan bedak

Saran tambahan, karena Indonesia merupakan daerah tropis, dimana matahari bersinar kuat selalu, ada baiknya Anda menggunakan pelembab atau krim anti-keriput yang mengandung anti sinar matahari, seperti SPF 15.

Disamping produk kosmetik yang sudah kita kenal, sabun muka, pelembab, toner, anti-keriput, dll. Ada juga yang menyarankan untuk menggunakan minyak bulus yang asli, yang katanya bau seperti minyak jelantah. Minyak bulus ini dapat digunakan tidak hanya untuk wajah, tapi juga untuk bagian kulit tubuh yang lain. Namun penggunaan minyak bulus ini menimbulkan pro dan kontra, karena banyak juga yang memikirkan nasib si bulus. Untuk mengambil minyak tubuhnya, si bulus harus dibunuh, padahal katanya bulus ini termasuk satwa langka. Wah, bisa-bisa bulus ini punah! Karena penangkarannya pun susah dibuat dan jelas-jelas mahal. Bagaimana nantinya jika suatu saat anak-anak kita bertanya, "Bu, bulus itu seperti apa ya dan kenapa sekarang tidak ada lagi?" Haruskah kita menjawab, "Waduh Nak, bulusnya sudah dipakai untuk menghaluskan kulit wajah ibumu!". Oh-uh!

Beberapa produk kosmetik yang disarankan, a.l. Clinique, Ristra, Viva, Sariayu, Kanebo, La Tulipe

Apa sih manfaat relaksasi?

Relaksasi dapat melemaskan otot-otot tubuh yang tegang dan menenangkan pikiran yang gelisah, sehingga tubuh menjadi sangat rileks, menjadi lebih segar dan bersemangat.Bentuk relaksasi bisa menjadi sangat variatif, mulai dari beryoga, berlibur ke pegunungan atau pantai untuk menikmati pemandangan dengan rileks, sampai mandi dengan aromaterapi.


Berguna untuk apa sajakah aromaterapi saat mandi itu?

Aroma yang bisa digunakan saat mandi bisa berfungsi sebagai cara relaksasi untuk menghilangkan stres, rasa penat dan pegal-pegal,linu, serta melenyapkan selulit sehingga kulit menjadi halus dan mulus.

Apa saja sih jenis wewangian yang bisa menjadi aromaterapi?

Ada beberapa jenis wewangian yang digemari dan bisa dijadikan aromaterapi. Mulai dari jasmine (melati), bergamot, champaka, clove (cengkeh), cajeput (kayu putih), eucalyptus, green tea sampai lavender. Setiap jenis aroma memang punya ciri khas sendiri dan menghasilkan efek relaksasi yang berbeda.

Kulit saya bersisik dan agak keriput karena saking keringnya. Bagaimana mengatasinya?

Kulit kering dalam waktu yang lama, akan menyebabkan kulit bersisik dan garis-garis kulit yg dalam serta keriput. Kulit jadi tampak tidak segar, pucat atau gelap (hiperpigmentasi). Mandilah dengan Biore Body Foam yang dapat menjaga kelembapan kulit. Jangan lupa juga untuk memberikan pelembab setelah mandi pagi & sore. Terutama bila Anda selalu berada di ruang berpendingin (AC).Jangan menggunakan sabun berlebihan yang keras, karena minyak permukaan kulit akan hilang seluruhnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More